Kamis, 07 Januari 2016

Continuous Improvement - Bubblegum Kids Daycare

Daycare cerdas, Bubblegum Kids Daycare
Alamat: Grand Depok City, Boulevard Cluster Anggrek 2 Blok B1 No. 17, Depok, Jawa Barat
CP: Bunda Ditha 08567018866 


"Hidup tak lepas dari perubahan". Bubblegum Kids Daycare percaya bahwa Visi dan Misi yang jelas merupakan kemudi bagi kami dalam menentukan arah perubahan sesuai komitmen kami untuk menghadirkan service excelent terkait pengasuhan anak. Penambahan fasilitas dan peningkatan mutu merupakan salah satu pola continuous improvement yang kami terapkan untuk menambah kenyamanan anak selama di daycare.

Bermula dari sebuah rumah kontrakan sederhana di Cluster Alpinia Grand Depok City Blok I/2, Bubblegum Kids Daycare lahir sebagai mitra ayah dan bunda dalam pengasuhan anak dengan coverage area meliputi Grand Depok City, Citayam, Cilodong, Cibinong, Kalimulya, KSU, Studio Alam, Raden Saleh, di sekitar depok lama. Lahir dalam berbagai keterbatasan, tidak menyurutkan komitmen Bubblegum Kids Daycare untuk terus berevolusi dalam memainkan perannya sebagai partner setia Ayah dan Bunda 
Gambar 1. Bangunan daycare lama


Setahun berselang, atas bantuan doa dan dukungan seluruh stake holder, per tanggal 27 July 2015, Bubblegum Kids Daycare resmi pindah ke lokasi baru di Boulevard Cluster Anggrek II/ Blok B1 No. 17 Grand Depok City. Dengan luas tanah dan bangunan yang lebih besar, "Bubblegum Kids Daycare" diharapkan menjadi second home impian bagi tiap Bubblegum Kids. Adapun seluruh bangunan tersebut didedikasikan 100 % sebagai fasilitas daycare. Bangunan baru di design dengan standar nasional daycare.

Sesuai komitmen awal dari sang pendiri Bunda Ditha dan Papi Frans, bahwa hendaknya Bubblegum Kids Daycare bisa berguna bagi sesama dan tidak berorientasi pada bisnis semata. Untuk itu Bubblegum  Daycare berkomitmen menyediakan fasilitas dan pelayanan terbaik dengan harga terjangkau. 
Gambar 2. Bangunan Daycare Baru

Sejalan dengan adanya pengadaan bangunan baru tersebut, berbagai fasilitas lainnya pun terus ditingkatkan di antaranya : 

1. Ruang kelas yang lebih nyaman dan lengkap
    Sesuai motto Bubblegum Kids Daycare " play to learn, learn to play",  kami berkomitmen dan fokus dalam pembentukan watak, intelegency, dan perilaku anak dalam usia emasnya. Berbeda dengan proses belajar formal pada paud, Bubblegum Kids Daycare mengadopsi berbagai kegiatan belajar kreatif seperti mendongeng, mewarnai, menyusun balok, menempel, mencocokan huruf/gambar, dll, Durasi pembelajaran disesuaikan dengan durasi rata-rata anak untuk tetap fokus pada suatu hal, hal ini dimaksudkan agar hasilnya lebih efektif dan anak tidak jenuh. Tersedia juga berbagai ensiklopedia yang mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan anak tentang alam sekitar yang terkadang susah untuk dijelaskan oleh orang tua. 
          Gambar 3. Ruang Kelas bangunan baru

Gambar 4. Berbagai ensiklopedia


Gambar 5. Ruang kelas bangunan lama

2. Play yard indoor yang lebih luas dan lebih lengkap 
    Dengan play yard indoor yang lebih luas dan lengkap, semakin membuat anak betah dan merasa layaknya seperti di rumah sendiri. Berbagai permainan menarik seperti rumah-rumahan, perosotan, basket, kolam bola, kuda-kudaan, mobil-mobilan, boneka,dll semakin melengkapi keceriaan buah hati tercinta. Permainan fisik dimaksudkan untuk merangsang motorik anak. Ketika bermain, anak selalu dalam pengawasan bunda guru bubblegum. Selain itu juga dilengkapi dengan CCTV.
gambar 6. Playyard Indoor bangunan baru

gambar 7. Playyard indoor bangunan lama

3. Play yard Outdor 
    Untuk menghindari stress yang terjadi pada anak, maka play yard outdoor menjadi syarat wajib bagi Bubblegum Kids Daycare. Selain itu, play yard outdoor juga memungkinkan anak untuk lebih mengenal alam sekitar sambil menghirup udara segar. 
gambar 8. Play yard ourdoor

gambar 9.  play yard outdoor (2)

Play yard dilengkapi dengan berbagai mainan diantaranya ayunan, jungkat jungkit, kolam pasir, goyang goyang. Melalui berbagai permainan ini, anak diajarkan kemandirian, keberanian, kepemimpinan, kerjasama, kedisiplinan. Setiap kali bermain pada playyard out door, anak akan selalu dalam pengawasan Bunda, sehingga ayah dan Bunda tidak perlu cemas. Pada area ini juga disediakan wastafel yang memungkinkan anak mencuci tangan setelah bermain. 
Berbeda halnya dari bangunan lama, bangunan baru telah dilengkapi dengan pagar dan kanopi sehingga lebih aman dan nyaman.

4. Ruang tunggu ayah dan bunda 
    
Gambar 10. Waiting Room 

5. Toddler Room dan Baby Rooms
    Demi keamanan dan kenyamanan, kami sengaja membedakan ruang tidur antara bayi dan toddler.     Masing-masing ruang dilengkapi dengan AC dan peralatan tidur per masing-masing anak

Gambar 11. Baby dan Toddler Rooms
Gambar 12. Baby room
Gambar 13. Toodler room

7.  Entertainment Corner
    Riset menunjukkan bahwa audio visual merupakan salah media pembelajaran yang paling efektif bagi anak. Untuk itu kami menyediakan berbagai video edukatif dan lagu berbahasa inggris dan indonesia. Materi video edukasi dan lagu-lagu diupdate secara berkala.
Gambar 14. Sang buah hati lagi serius menonton video edukasi

Gambar 15. Sang buah hati lagi serius menonton video edukasi  

6. Bunda Guru
    Untuk memastikan bahwa setiap anak dalam pengawasan, maka kami berkomitmen untuk menjaga rasio pengasuh dan anak pada angka maksimal 1:3 untuk toodler dan 1:2 untuk bayi. Bunda Guru merupakan orang-orang pilihan yang telah lulus seleksi wawancara maupun psikologi. Disebut Bunda Guru, karena mereka mengasihi tiap anak seperti layaknya seorang bunda dan mendidik anak layaknya seorang Guru. Dalam kesehariannya, bunda guru di awasi langsung oleh Bunda Dita selaku owner dan founder yang juga merupakan pemerhati anak yang telah lama bergelut pada dunia anak. Saat ini bubblegumdaycare memiliki 5 bunda guru.

Gambar 16. Bunda ii dengan penuh ketelatenan dan kasih sayang membimbing nasya

7. Daily report
 Untuk membantu ayah dan bunda memantau perkembangan anak tiap harinya maka kami memberikan report harian. Selain itu, ayah dan bunda dapat memantau perkembangan anak melalui whats app dan BBM Bubblegum daycare untuk mengetahui kondisi terkini anak.
Gambar 17. Daily report

8. Catering anak
   Bagi ayah dan bunda yang tidak sempat menyiapkan bekal untuk anak tercinta, tidak perlu khawatir karena Bubblegum Kids Daycare memberikan jasa Catering Anak dengan berbagai menu yang variatif tiap harinya serta bergizi. Jasa Catering meliputi 2 (dua) kali makan dan 2 (dua) kali snack. Untuk menjamin kesehatan anak, maka kami menggunakan air minum AQUA dan bukan air refill.


Gambar 18. Catering Anak

9. Curriculum
Kami mengerti betul bahwa usia 0 s.d 5 tahun merupakan usia emas, dimana perkembangan kecerdasan otak manusia sebanyak 80 % terjadi pada usia 0-5 tahun. Dengan mengadopsi kurikulum berbasis Metode Montesori yang dikembangkan oleh Maria Montessori, dokter dan pendidik asal Italia. Beberapa poin utama dari metode ini adalah:
• Menekankan pada kemandirian, kebebasan dengan batasan tertentu, dan menghargai perkembangan anak sebagai individu yang unik. 
• Dalam proses belajar, mencampur anak 1 sampai 4 tahun dalam satu kelas, sebab anak-anak kecil akan belajar dari anak-anak yang lebih besar.  
• Anak boleh memilih kegiatannya sendiri, yang sudah dirancang untuk rentang usianya. 
• Bunda Guru tidak memberi instruksi, melainkan akan menjelaskan sesuatu ketika ditanya anak.  
• Menerapkan keteraturan, yaitu belajar dan istirahat pada waktu yang sudah tetap.
• Anak-anak diajarkan untuk menjaga kebersihan lingkungan dan suasana kerja sama dengan teman-teman mereka.
• Menyediakan bahan atau materi belajar yang dibutuhkan anak pada setiap tahap perkembangannya.
• Lingkungan belajar yang memfasilitasi gerakan fisik yang dibutuhkan anak. Misalnya, bahan pelajaran diletakkan di rak, mulai dari yang paling bawah sampai atas. Jadi, anak akan berjongkok saat mengambil peralatan di rak paling bawah, dan berdiri ketika mengambil peralatan di rak bagian atas. Kegiatan fisik berdiri-jongkok ini penting untuk kelenturan dan koordinasi tubuh. Selain itu, disediakan peralatan bermain, seperti prosotan.

10. Proses Controling
Sebagai pendiri sekaligus owner, Bunda Ditha turun tangan untuk mengawasi secara langsung Bunda Guru dan anak. Selain itu untuk memantau dan mengevaluasi pelayanan dan progres tiap anak, maka Bubblegum Kids Daycare juga melakukan rapat evaluasi rutin antara owner selaku supervisor dengan tiap Bunda Guru. Rapat rutin ini membahas hal-hal detil seperti ada anak yang lagi tidak mood makan, atau ada anak baru yang perlu beradaptasi,dll. Melalui proses brain storming, ditelurkan ide-ide segar dan solusi untuk meningkatkan kualitas pelayanan. 
Gambar 19. Evaluasi Rutin

11. Healthy center
Semua ayah dan bunda tentu ingin sang buah hati selalu dalam keadaan sehat, dan bugar. Akan tetapi perubahan cuaca yang tak menentu, seringkali menyebabkan kekebalan anak menurun sehingga mudah terserang penyakit seperti batuk, flu dll. Menyadari arti penting nya kesehatan, bubblegum daycare selalu menyediakan obat2an dan vitamin utk anak. Pemberian obat tersebut hanya sebagai pertolongan pertama. Dosis disesuaikan dgn umur dan hanya diberikan setelah mendapat persetujuan orang tua.
Gambar 20. Kotak obat

Tidak berhenti sampai di situ, Bubblegum Kids Daycare, berkomitmen untuk selalu mengusung pola continuous Improvement dalam menyajikan service excelent.

Ayo, jangan ragu untuk bergabung. Let's Play To Learn, Learn To Play. 
Kuota terbatas, jangan sampai kehabisan..



Salam Bubblegum..








0 comments:

Posting Komentar

 
BUBBLEGUM KIDS Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template